Tuesday, October 21, 2008

Berikut ini deskripsi kuliah KIMIA DASAR I – FTI UNISBANK Semester Gasal 2008 -2009 yang saya ampu.

Informasi inti:
Kode mata kuliah: D 41 300
Jumlah SKS: 2
Waktu kuliah: semester 1
Jadwal kuliah: Senin , jam 07.50-09.30
Ruang kuliah: T.7.3
Dosen pengampu: Ir. Stefanus Muryanto, M.Eng.Sc, PhD
Email: stefanus_muryanto665@yahoo.com
Mobile: 0813 2650 9398
Urusan administrasi : Bapak Agung, Tata usaha FTI Unisbank, lt. 2,
Jl. Tri Lomba Juang no. 1 Semarang
Telepon: 024 – 8311668 ext – (via operator)

Sarana yang dibutuhkan
Buku teks: Keenan, Kleinfelter, Wood, Kimia Untuk Universitas, jilid 1, edisi 6, Erlangga 1984 (tersedia di perpustakaan)
Respati, Dasar Dasar Ilmu Kimia, Rineka Cipta, 1992 (tersedia di perpustakaan).

Buku catatan: gunakan buku catatan tebal, dengan jumlah halaman 40 lembar atau lebih.
Kertas tugas: gunakan kertas ukuran folio yaitu double folio bergaris.
Calculator: gunakan scientific calculator yang sekurang-kurangnya mempunyai fasilitas log dan exponential.


Informasi umum
Tujuan kuliah. Tujuan utama kuliah ini adalah untuk memperkenalkan dasar-dasar ilmu kimia kepada Saudara. Dasar-dasar itu akan dipergunakan dalam mata kuliah berikutnya, yaitu Kimia Dasar II (di semester 2) dan Pengetahuan Bahan (di semester 3). Setelah menyelesaikan kuliah Kimia Dasar I ini, Saudara diharapkan memahami dasar tersebut da merasa “nyaman” bila mendengar atau berhadapan dengan hal-hal yang berkaitan degnan ilmu kimia.

Di samping tujuan utama, kuliah ini juga diharapkan mampu menimbulkan apresiasi Saudara terhadap ilmu kimia. Kuliah ini tidak bermaksud menjadikan Saudara seorang pakar kimia, tetapi mengajak agar Saudara memahami pentingnya ilmu kimia dalam kehidupan nyata sehari-hari. Di dalam semua bidang pekerjaan, apakah di industri, perdagangan, pemerintahan, perbankan, hubungan luar negeri, pendidikan, ekspor/impor, pertanian, pertanahan dan seterusnya ( jadi baik eksakta maupun sosial) ilmu kimia memegang peranan penting. Oleh sebab itu pemahaman terhadap ilmu kimia adalah keharusan. Ilmu kimia adalah salah satu ilmu pokok.

Strategi belajar
Keberhasilan Saudara dalam kuliah ini ditentukan oleh usaha Saudara sendiri. Oleh karena itu Saudara perlu hadir dan mengikuti seluruh acara perkuliahan dengan baik. Bacalah buku teks yang dianjurkan, kerjakan semua tugas dan serahkan pada waktu yang ditentukan. Saudara juga perlu mengerjakan soal-soal dari buku teks secara mandiri agar pemahaman materi bertambah. Bentuklah kelompok belajar terdiri atas dua sampai empat orang. Dalam perkuliahan Saudara hendaknya aktif bertanya bila ada sesuatu hal yang belum Saudara pahami.
Saya tidak pernah menganggap ada pertanyaan yang bodoh. Mungkin Saudara berpikir bahwa apa yang ingin Saudara tanyakan adalah hal yang akan membuat Saudara malu, karena akan ketahuan bahwa Saudaralah satu-satunya peserta kuliah yang tidak tahu. Kenyataannya sering tidak demikian. Mungkin banyak juga yang belum tahu, dan Saudara satu – satunya yang berani bertanya. Pertanyaan-pertanyaan Saudara juga bermanfaat bagi saya untuk mengetahui, hal-hal apa atau materi-materi yang mana yang sulit Saudara pahami. Jangan ragu-ragu untuk menemui saya bila Saudara mendapat kesulitan dalam kuliah ini.

Aktivitas kuliah
Saudara perlu mempersiapkan kuliah dengan membaca buku teks yang dianjurkan. Bacalah dulu silabus agar Saudara mengetahui materi apa yang akan dibahas dalam kuliah. Juga perlu membaca kembali catatan kuliah yang lalu dan memastikan apakah semua materi telah dipahami. Seharusnya setiap selesai kuliah, Saudara menyediakan waktu minimal sama dengan lamanya waktu kuliah. Jika kuliah berlangsung selama 100 menit, karena 2 SKS, Saudara seharusnya mempelajari kembali catatan kuliah tersebut selama 100 menit juga. Jika selama kuliah diberikan soal-soal, kerjakanlah soal-soal itu kembali setelah kuliah dan sebelum kuliah berikutnya untuk mengetahui apakah Saudara sudah benar-benar memahaminya. Inilah pentingnya ada study groups, seperti yang saya anjurkan sebelumnya. Apabila Saudara menghendaki, saya juga dapat menyediakan kesempatan setelah kuliah atau waktu-waktu lain apbila memang perlu.
Kesempatan tersebut dapat dipergunakan untuk pertanyaan yang tidak sempat dijawab di dalam kuliah, pertanyaan tentang perkuliahan secara umum, pertanyaan tentang kimia pada umumnya, hingga masalah-masalah akademik yang lain.

Diskusi
Selama kuliah KDI ini akan diadakan diskusi kurang lebih 5 kali, dengan pengaturan dua kali kuliah berturut-turut diikuti dengan 1 diskusi. Skemanya sebagai berikut :
Kuliah 1
Kuliah 2
Diskusi 1
Kuliah 3
Kuliah 4
Diskusi 2
.
.
Dstnya
Diskusi ini diadakan agar Saudara memperoleh kesempatan mendalami materi dan memotivasi diri Saudara sendiri untuk memperoleh pengetahuan lebih banyak lagi.
Materi diskusi adalah tugas atau PR yang sudah Saudara kerjakan. Tugas itu dikembalikan kepada Saudara pada awal diskusi, dan bila ada pekerjaan yang belum benar, maka Saudara perlu memperbaikinya. (Itulah sebabnya Saudara perlu membentuk study groups). Apabila tugas Saudara sudah benar, maka kepada Saudara akan diberikan soal-soal atau tugas lain yang lebih menantang untuk diselesaikan. Selama diskusi saya hanya “turun tangan” apabila perlu.

Kejujuran akademik
Kejururan akademik adalah syarat mutlak untuk lulus ujian Kimia Dasar I ini. Hal ini berarti bahwa setiap tugas yang Saudara selesaikan, setiap PR yang Saudara kumpulkan, dan ujian yang Saudara selesaikan harus berasal dari usaha Saudara sendiri. Saudara boleh bekerja sama mengerjakan PR atau tugas, tetapi pekerjaan yang Saudara berikan kepada saya haruslah pekerjaan Saudara sendiri (dengan kalimat-kalimat saudara sendiri dan saudata harus dapat menjelaskannya bila ditanya). Nyontek pada waktu ujian mengakibatkan Saudara tidak lulus. Apabila Saudara mempunyai pertanyaan atau ragu-ragu mengenai ketentuan ini, Saudara dapat menanyakan kepada saya atau kepada dosen wali.

Tata kelola kelas
Saya menghendaki perkuliahan menjadi lingkungan yang nyaman untuk belajar, dan saya mengharuskan setiap individu di dalam ruang kuliah menunjukkan sopan santun dan hormat kepada yang lain. Oleh sebab itu hal-hal yang merusak atau mengganggu ketenangan ruang kuliah (bunyi handphone, bercakap-cakap off topic, kalau masuk ruang kuliah) tidak saya perbolehkan terjadi.
Apabila hal-hal yang mengganggu itu terjadi dan setelah saya peringatkan/ saya minta untuk dilatih tidak juga ada hasilnya, maka kuliah dihentikan dan hal itu saya sampaikan kepada pimpinan fakultas. Mengenai tata kelola kelas ini Saudara dapat menanyakan kepada dosen wali atau kepada saya.
Apabila karena sesuatu hal, Saudara merasa akan tidak mampu perkuliahan KDI ini dengan baik, silakan menghubungi saya untuk membicarakan hal itu. Hal-hal yang dimaksud, misalnya: jadwal kuliah bersamaan dengan kepentingan lain, tidak mungkin mengikuti kuliah secara teratur karena bekerja dsbnya.
Selain memberitahu saya, untuk itu Saudara harus berkonsultasi dengan dosen wali Saudara, dan kalu saya anggp perlu saya akan minta agar ada surat keterangan dari dosen wali atau fakultas.

Penilaian
Telah ditentukan oleh fakultas bahwa penilaian terdiri atas dua bagian yaitu nilai Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS); masing-masing adalah 40% dan 50%.
Di samping itu aktivitas Saudara selama mengikuti kuliah juga menjadi pertimbangan dalam penentuan nilai itu. Aktivitas itu harus Saudara tunjukkan dalam kuliah misalnya dengan mengajukan dan atau menjawab pertanyaan. Juga dalam tugas-tugas yang harus Saudara kerjakan, untuk tugas ini saya akan meminta agar tiap dua minggu Saudara menyerahkan “ringkasan”. Dengan demikian pula dalam diskusi, Saudara perlu berpartisipasi aktif.
Tentang materi kuliah yang sudah dikuliahkan, dalam bentuk tulisan sebanyak satu hingga dua lembar folio.

Materi kuliah/Pokok Bahasan.

Materi kuliah akan disampaikan pada kuliah yang pertama.

No comments: